11.101 KTP Dukungan Balon Anggota DPD Sulsel Tidak Memenuhi Syarat, Ada Indikasi Pemalsuan NIK?

  • Bagikan
Rapat pleno hasil verifikasi administrasi calon DPD RI

FAJAR.CO.ID MAKASSAR - Belasan ribu syarat dukungan fotocopy KTP terhadap bakal calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan berstatus Tidak Memenuhi Syarat atau TMS.

Itu diketahui setelah KPU Sulsel melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi administrasi bakal calon anggota DPD RI yang digelar di Hotel Claro Makassar, Minggu malam, (15/1/2023).

Dari 127.397 dukungan KTP yang tersebar di 34 bakal calon anggota DPD RI, ada 11.101 tidak memenuhi syarat, serta 45.853 belum memenuhi syarat. Kemudian selebihnya berstatus memenuhi syarat.

Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan, pengajuan perbaikan mulai hari ini sampai 22 Januari mendatang.

"Syarat minimal 3.000, kalau TMS 100 dukungan, dia harus tambah 100. Kalau BMS masih berpotensi dilakukan perbaikan dan bisa memenuhi syarat, inikan verifikasi administrasi," kata Faisal Amir ditemui posko pengajuan perbaikan syarat dukungan di Hotel Mercure, Makassar, Senin, (16/1/2023).

Menurut Faisal, untuk status TMS dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya dukungan KTP memang tidak memenuhi syarat karena berstatus ASN atau TNI-Polri. "Kalau TMS, harus menggantinya. memang tidak bersyarat," tukasnya.

Sementara itu, Anggota KPU Sulsel, Fatmawati Rahim enggan berkomentar lebih jauh terkait dukungan bakal calon berstatus TMS. Apakah ada indikasi pemalsuan NIK KTP dukungan atau tidak.

Pasalnya kata dia, untuk mengetahui secara spesifik penyebab TMS dukungan bakal calon perlu dilihat lebih detail di akun Silon. Sehingga para calon diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan pada rentan waktu yang telah diberikan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan