Angkatan Laut Indonesia Terkuat di Asia Tenggara, Bagaimana di Dunia?

  • Bagikan
Instagram @rayigigih10

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dikenal sebagai negara maritim, yakni negara yang sebagian besar wilayahnya didominasi oleh lautan. Untuk menjaga kedaulatan Indonesia, tentu Indonesia harus memiliki angkatan laut yang kuat bahkan disegani.

Pasalnya, ada beberapa negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia hingga saat ini. Kekuatan militer dari sebuah negara tentunya dihimpun dari kekuatan angkatan darat, angkatan udara, dan juga angkatan lautnya.

Adapun, skor kekuatan armada laut dihitung dari seluruh jenis kapal perang yang ada di negara tersebut, termasuk kapal induk, kapal selam, kapal induk helikopter, korvet, fregat, kapal serbu/pendukung amfibi, hingga alat bantu.

Global Fire Power (GFP) mengklasifikasikan Angkatan laut meliputi kekuatan dari kapal perang dan juga kapal selam yang dimiliki oleh suatu negara.

Tahun ini, kekuatan armada laut RI menempati urutan enam dengan skor 324. Tepat satu tingkat di atas Italia dan di bawah Swedia yang memiliki skor 313 dalam daftar global.

Sedangkan di Asia Tenggara Indonesia berhasil menduduki posisi puncak sebagai negara dengan armada laut terkuat.

Armada kekuatan laut Indonesia terdiri dari 202 kapal patroli, 4 kapal selam, 10 fregat, 21 korvet, dan 13 mine warfare. Jumlah fregat, kapal patroli, dan mine warfare mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara, jumlah kapal selam stagnan dan jumlah korvet mengalami penurunan. (Pram/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan