Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Cek Faktanya di Sini!

  • Bagikan
Ilustrasi buah durian

FAJAR.CO.ID-- Durian menjadi salah satu buah yang banyak digemari di Asia Tenggara. Pasalnya, wanginya yang khas serta tekstur buahnya yang lembut semakin menambah kelezatan si raja buah. Nah, meski disebut sebagai primadona di kalangan buah eksotis, durian kerap dianggap sebagai pantangan bagi ibu hamil karena dinilai dapat membahayakan bayi di dalam perut. Perdebatan seputar bolehkah ibu hamil makan durian pun sering terjadi.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa durian berbahaya bagi ibu hamil. Durian memiliki kandungan karbohidrat, vitamin C, vitamin B, mineral, dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Mineral yang terkandung di dalamnya pun baik untuk menyeimbangkan produksi hemoglobin selama kehamilan. Meski demikian, bukan berarti ibu hamil boleh mengonsumsi durian sepuasnya mengingat kandungan gula pada durian yang tinggi.

Untuk itu, ibu hamil yang menderita diabetes pun sebaiknya tidak mengonsumsi durian. Hindari juga mengonsumsi durian di trimester ketiga kehamilan karena dapat meningkatkan risiko obesitas pada bayi di dalam kandungan.

Penawar Setelah Makan Durian

Mabuk durian adalah salah satu efek yang dirasakan setelah makan durian. Maka dari itu, hindari makan durian saat hamil secara berlebihan karena dapat membuat perut tidak nyaman, buang gas berlebihan, hingga diare. Namun, hal yang paling umum dirasakan setelah makan durian adalah pusing dan perut terasa panas..

Lalu, bagaimana cara mencegah timbulnya efek samping setelah makan durian? Jika ibu hamil makan durian dan perut terasa tidak nyaman, segeralah minum air putih atau air kelapa untuk menetralkan sensasi mabuk durian. Jika sensasi mabuk durian disertai dengan pusing, minumlah paracetamol yang aman untuk ibu hamil.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan