Gabungan LSM Serahkan Dugaan Temuan Kecurangan KPU RI, Begini Respons Mardani Ali Sera

  • Bagikan
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.-fraksi.pks.id-

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera merespos dugaan kecurangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ditemukan oleh LSM.

Dikatakan Mardani, tindak lanjut terkait hal tersebut sedang diproses, ada usulan bentuk Panja.

"Panja ini nanti akan mengklarifikasi fakta dan membuat rekomendasi," ujar Mardani dikutip dari unggahan twitternya, @MardaniAliSera (16/1/2023).

Mardani berharap, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI untuk tetap bekerja mengusut masalah
tersebut.

Sebelumnya diketahui, gabungan LSM yang mengatasnamakan diri Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih mengaku telah menyerahkan sejumlah temuan dugaan kecurangan KPU.

Hal itu meliputi tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024.

Adapun Komisi II DPR RI telah mengundang koalisi tersebut pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), Rabu (11/1/2023) kemarin.

Dokumen pertama, menurutnya, menunjukkan perubahan data keanggotaan partai politik di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), yang semula berstatus "tidak memenuhi syarat" (TMS) menjadi "memenuhi syarat" (MS).

Perubahan data di Sipol ini menuntut perubahan dokumen fisik yang diinput ke Sipol, yaitu berita acara hasil rekapitulasi verifikasi faktual partai politik.

Selanjutnya, tangkapan layar percakapan via WhatsApp yang diklaim terjadi antara Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dengan salah seorang anggota KPU provinsi.

Percakapan itu menampilkan penolakan halus dari KPU provinsi karena menilai permintaan itu melanggar aturan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan