Misi Syamsuddin Batola Majukan Sepak Bola Sulawesi Selatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sepak bola di Sulsel semakin berkembang. Salah satunya didorong dari pertambahan pelatih dengan lisensi AFC Pro.

Hal itu dibuktikan usai PSSI kembali menggelar kursus lisensi kepelatihan AFC Pro. Nama Syamsuddin Batola ikut dalam kepelatihan tersebut.

Direktur Akademi PSM itu berkesempatan menambah pengetahuannya dalam urusan meramu tim. Terlebih lisensi AFC Pro menjadi standar pelatih menukangi klub di Liga 1.

Apabila mantan asisten pelatih PSM itu mampu menyelesaikan lisensi AFC Pro, maka akan bertambah pelatih asal Sulsel dengan kapasitas yang mempuni.

Sulsel sendiri tercatat baru dua nama yang berhasil meraih lisensi itu. Mereka ialah Muhammad Hanafing Ibrahim dan Tony Ho.

Karena itu, akan sangat bagus jika banyak pelatih lokal dengan lisensi mempuni. Apalagi Syamsuddin Batola terbilang punya catatan menarik saat menahkodai skuad PSM.

Piala Menpora 2021 jadi cantolannya. Juru taktik 55 tahun itu menjadi sorotan publik karena kemampuannya memaksimalkan 100 persen pemain lokal.

Dengan kekuatan amunisi ini, kepemimpinan Syamsuddin Batola sempat diragukan. Terlebih banyak tim kuat seperti Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Persija Jakarta yang kala itu berisikan pemain asing.

Kendati demikian, dia mampu membayar keraguan itu. Bahkan menuai pujian setelah mengantarkan Pasukan Ramang ke babak 8 besar.

"Alhamdulillah diberi kesempatan. Tentu banyak pelajaran yang akan didapatkan agar kita bisa memimpin klub lebih baik lagi," ujarnya, Minggu, 15 Januari.

Syamsuddin Batola berharap usai menyelesaikan program ini, dia ingin berkontribusi lebih baik pada kemajuan persepakbolaan di Indonesia, terutama di Sulsel.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan