Peran Hamka B Kady di Balik Perbaikan Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto Sepanjang 80 Km

  • Bagikan
Anggota DPR RI, Hamka B Kady (ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perbaikan dan pelebaran ruas jalan nasional Sungguminasa (Gowa) - Takalar - Jeneponto, Sulawesi Selatan dengan nilai anggaran APBN Rp 227,3 miliar (multiyears) ditargetkan akan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Proyek jalan sepanjang 80 kilometer ini bisa direalisasikan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berkat dorongan kuat dari Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady.

Hamka B Kady yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I (Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kepulauan Selayar) menyebut proyek besar ini sebagai kejutan dan kado spesial yang dipersembahkan kepada masyarakat di dapilnya.

"Disamping proyek-proyek kecil berupa padat karya, saya juga mengupayakan proyek besar menyentuh Sulsel. Salah satu kejutan untuk masyarakat di dapil saya adalah perbaikan ruas Jalan Sungguminasa-Takalar-Jeneponto sepanjang 80 kilometer," ungkap Hamka di Makassar, Minggu (15/1/2023).

Untuk tahun ini, kata Politisi senior Golkar tersebut, proyek jalan nasional menyedot anggaran sebesar Rp 176 miliar.

Dia memastikan pengerjaan proyek ini tidak menemukan kendala, termasuk soal pembebasan lahan.

Pasalnya ini memang aspirasi warga mengingat volume kendaraan yang melintas di ruas ini terbilang padat sehingga tak jarang mengakibatkan kemacetan.

Apalagi jalur selatan Sulsel ini termasuk menjadi jalur ke destinasi-destinasi wisata di Bantaeng, Bulukumba. Juga yang menempuh jalur darat menyeberang ke Pulau Selayar melintasi jalur ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan