Tingkatkan Nilai Tambah Ratusan Kali, Pakar Ekonomi Apresiasi Pembangunan Industri Hilirisasi Terintegrasi

  • Bagikan
Presiden Jokowi perintahkan Menkopolhukam Mahfud Md pulihkan hak korban pelanggaran HAM berat (foto: Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pakar ekonomi dan bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Mudrajad Kuncoro. Mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) fokus terhadap pembangunan hilirisasi industri dalam negeri.

“Kita dukung program hilirisasi industri untuk nikel, bauksit atau semua jenis industri pengolahan kita kita dukung termasuk hulunisasi juga. Jadi ada dua itu kalau industri satu hulunisasinya untuk pengadaan bahan bakunya yang masih kita impor cukup banyak sama yang satunya lagi hilirisasinya agar tidak hanya diekspor dalam bahan mentah,” ujar Mudrajad, Senin (16/1/2023).

Menurutnya, pemerintah harus sudah menyiapkan segala kebutuhan fasilitas penunjang seperti Pelabuhan, Bandara serta kawasan industrinya serta fasilitas penunjang lain seperti kesediaan air bersih, listrik dan sambungan jaringan telekomunikasi.

“Yang kedua jangan lupa kalau kita mau menarik industri itu harus menyiapkan fasilitasnya kawasan industri lalu kedekatan dengan seaport, airport itu penting. Jadi itu tidak cukup hanya mengumumkan kita siap, untuk membangun, lalu berikan insentif fiskal itu yang maha penting,” bebernya.

“Kenapa itu penting karena kalau kita bicara Cina misalnya fasilitas seaport, kawasan industri kawasan ekonomi khusus sudah disiapkan dengan kesiapan infrastruktur listrik, air, telepon,” imbuhnya.

Lanjut Mudrajad, kebijakan yang telah diumumkan oleh Presiden Jokowi tersebut harus segara ditindaklanjuti oleh jajaran di bawahnya untuk di respon, baik para menteri, pemerintah pusat dan daerah berjalan beriringan menyiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan