Usut Kematian Mahasiswa Saat Diksar Mapala, Unhas Siapkan Sanksi Skorsing hingga DO

  • Bagikan
Unhas

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Merespon meninggalnya mahasiswa teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) saat mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Mapala 09, pihak Unhas membentuk tim investigasi.

Tim investigasi tersebut dibentuk melalui Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Teknik dengan nomor 1158/UN4.7/BU.01/2023, yang ditanda tangani langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Muhammad Irsan Ramli.

Saat dikonfirmasi, Irsan mengatakan pihaknya tidak akan segan mengambil langkah tegas, jika hasil investigasi terbukti ada kelalaian baik dari pihak panitia diksar maupun pengurus Mapala 09.

“Iye. Sudah pasti itu (memberi sanksi). Kita tunggu saja dulu hasil investigasi tim,” ungkapnya kepada fajar.co.id, Senin (16/1/2023).

“Apabila terdapat hal-hal yang tidak sesuai SOP (standard operating prosedure) dilapangan atas kejadian musibah ini, tentunya Pimpinan Universitas akan mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan sesuai aturan-aturan kemahasiswaan di Unhas,” lanjutnya.

Ruslin bilang, kegiatan diksar merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun okeh Mapala 09, hingga saat inia ia mengatakan belum ada temuan hal dilakukan saat pelaksanaan di luar dari kebiasaan selama ini.

Walau demikian, ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di luar kampus adalah tanggung jawab panitia dan pengurus lembaga kemahasiswaan.

“Kalau kegiatan itu di luar kampus yang kita komitmen dengan adik-adik bahwa apapun yang terjadi di luar kampus itu adalah tanggung jawab dari panitia,” terangnya.

Meski tim investigasi telah dibentuk, Ruslin mengatakan tim dimaksud belum jalan. Anggotanya pun hingga kini belum ada.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan