Anak Punya Masalah Makan? Yuk Coba Terapkan Feeding Rules Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai Ayah dan Ibu kadang kewalahan menghadapi anaknya yang punya masalah makan. Biasanya banyak anak yang lebih memilih makan jajanan daripada makan makanan pokok seperti nasi. Nah, hal ini tentu membuat para orang tua khawatir karena takut anaknya kekurangan gizi.

Namun, sebenarnya ini bisa jadi karena kebiasaan. Misal anak tidak ingin makan, tetapi para orang tua membujuk dia agar makan dengan menawarkan susu atau cemilan sebagai penggantinya.

Menurut dokter spesialis anak dr. Shela P. Sundawa, Sp.A, hal ini kadang menjadi pemicu sehingga anak memiliki masalah makan. Ini karena anak akan punya alasan jika dia tidak ingin makan, maka akan diberikan snack kesukaan.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh orang tua?

dr. Shela P. Sundawa, Sp.A punya solusi untuk ini. Dia menyarankan kepada orang tua untuk menerapkan teknis 'Feeding Rules'. Apa itu?

Feeding Rules merupakan sebuah strategi pengaturan makan yang bertujuan menjadikan anak doyan makan. Hal ini akan memudahkan anak untuk makan dengan penerapan program ini. Hal utama untuk kesuksesan program ini adalah jadwal pemberian makan kepada anak.

Perlu diingat hal ini berlaku pada anak yang usianya sudah tepat diberi makan yaitu usia 6 bulan ke atas. Berikut Jadwal yang dicontohkan dr. Shela.

Contoh jadwal makan: 3x makanan utama, 2x makanan kecil.

  1. Pukul 7.00-7.30 : Sarapan
  2. Pukul 8.30-9.00 : Minum susu
  3. Pukul 10.30-11.00 : Makan snack
  4. Pukul 12.00-12.30 : Makan siang
  5. Pukul 13.30-14.00 : Makan snack
  6. Pukul 18.00-18.30 : Makan malam
  7. Pukul 20.00-20.30 : Minum susu

Catatan : waktu makan tidak boleh lewat dari 30 menit. Tidak boleh cemal-cemil di luar jadwal. Diantara jadwal hanya boleh minum air putih.

Pentingnya Rasa Lapar Bagi Anak

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan