Bukan Prabowo-Ganjar atau Anies-AHY, Duet Sipil-Militer Ini Paling Diinginkan Masyarakat Versi Survei CNN

  • Bagikan
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berpotensi besar bakal bersaing pada Pilpres 2024 mendatang. Foto: Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Hitung-hitungan peluang terkait Pilpres 2024 terus dilakukan lembaga survei. Mengenai hal ini, Lembaga Citra Network Nasional (CNN) kembali merilis hasil survei soal persepsi publik terhadap kinerja pemerintan dan sosok calon presiden (capres) 2024.

Direktur Eksekutif CNN Muhammad Dandy mengatakan survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 2.200 WNI yang sudah berusia di atas 17 tahun.

Dia menyebut para responden itu tersebar di 34 provinsi dan hasil survei ini memiliki margin of error 2,08 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan sejak 27 Desember 2022 hinga 9 Januari 2023.

Menurut Dandy, hasil dari survei ini menunjukkan mayoritas responden yaitu 74,4 persen menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama tiga tahun terakhir ini. Responden menilai pemerintahan Jokowi berhasil mengatasi pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19.

"Sehingga status PPKM bisa dicabut dan masyarakat bisa lebih banyak melakukan kegiatan ekonominya, dan sebanyak 17,4 persen sangat tidak puas, dan yang tidak menjawab 8,2 persen," ujar Dandy dalam siaran persnya, Senin (16/1).

Dari hasil survei itu juga diketahui kriteria pemimpin yang diharapkan melanjutkan pemerintahan ke depan yakni, tokoh yang mampu mengelola perekonomian masyarakat.

Dandy menambahkan pihaknya juga memberikan pertanyaan partai politik mana yang akan dicoblos pada Pemilu 2024 apabila digelar hari ini.

Hasilnya, Golkar dipilih paling banyak yaitu 19,8 persen kemudian di urutan kedua Gerindra 16,4 persen, PDI Perjuangan 14,3 persen, Demokrat 8,8 persen, PKS 7,2 persen,PKB 6,4 persen, PPP 4,4 persen, NasDem 4,2 persen, dan PAN 2,7 persen.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan