Dibeli Chelsea Rp1,6 Triliun, Shakhtar Sumbangkan Rp378 Miliar Biaya Transfer Mykhailo Mudryk ke Tentara Ukraina yang sedang Berperang

  • Bagikan
Mykhailo Mudryk / Getty Images

FAJAR.CO.ID, DONETSK—Shakhtar Donetsk menyumbangkan £20,5 juta atau sekitar Rp378 miliar dari biaya transfer Mykhailo Mudryk ke Chelsea untuk upaya perang Ukraina. Chelsea juga menyepakati pertandingan persahabatan di Donbass Arena.

Pemain berusia 22 tahun itu diresmikan oleh klub London barat pada hari Minggu di Stamford Bridge setelah menyelesaikan kepindahan £88 juta atau sekitar Rp1,6 triliun. The Blues mendapat tandatangan sang pemain pada menit terakhir dengan membajak kesepakatan yang coba dibuat Arsenal.

Shakhtar berpegang teguh dalam negosiasi dan selalu bersikeras bahwa mereka menginginkan bayaran yang sangat besar, dengan sekitar seperempat dari itu sekarang akan digunakan untuk membantu upaya perang Ukraina melawan invasi Rusia.

“Kami hanya dapat berbicara tentang sepak bola Ukraina karena tentara Ukraina, rakyat Ukraina, dan dukungan luar biasa yang kami dapatkan selama masa yang sangat sulit ini,” kata presiden Shakhtar Rinat Akhmetov dikutip dari Metro.

“Dan satu-satunya cara kita bisa mengalahkan kejahatan yang datang ke rumah kita adalah dengan bekerja sama. Saya menyumbangkan $25 juta [£20,5 juta] dari biaya transfer untuk membantu tentara, pembela, dan keluarga kami,” jelasnya.

Menurutnya, uang itu akan digunakan untuk menutupi berbagai kebutuhan. “Mulai dari menyediakan perawatan medis dan prostetik dan dukungan psikologis, hingga memenuhi permintaan khusus,” lanjutnya.

Dijelaskan, dana ini akan dikelola oleh tim profesional independen yang akan bekerja dengan para pejuang Azovstal, keluarga mereka, penyedia perawatan dan sukarelawan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan