Kenaikan Tarif Transportasi Online Sulsel Tertinggi di Indonesia, Dinilai Langgar Permenhub

  • Bagikan
Ilustrasi taksi online

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Kenaikan tarif angkutan sewa khusus atau transportasi online menjadi isu yang hangat dibicarakan. Hal ini karena pemerintah memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah Provinsi untuk menetapkan tarif angkutan sewa khusus dengan tetap berpedoman pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 118 tahun 2018.

Baru-baru ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menerbitkan peraturan baru terkait tarif batas atas dan batas bawah transportasi online yang naik sekitar 50 persen dari tarif sebelumnya.  Sebelumnya tarif bawah taksi online di Sulsel hanya Rp3.700 per kilometer. Pasca penetapan SK Gubernur Sulsel Nomor 2559/XII/Tahun 2022, naik menjadi Rp5.444,24 kilometer. Sedangkan untuk batas tarif atas dari Rp6.500 per km menjadi Rp7.485,84 per kilometer.

Dibanding daerah lain, kenaikan tarif taksi ojol di Indonesia adalah tertinggi di Indonesia, jauh di atas tarif yang diprasyaratkan Permenhub No. 118 tahun 2018.

Kenaikan tarif di beberapa daerah ini ditanggapi oleh Koordinator Masyarakat Pemerhati Transportasi Online, Taufik Hidayat. Menurutnya, kenaikan tarif taksi online di Sulsel tidak masuk akal dan bertentangan dengan Permenhub 118 tahun 2018.

Di sisi lain, Taufik mengapresiasi provinsi Yogyakarta yang telah menetapkan tarif angkutan sewa khusus/transportasi online dengan angka kenaikan yang wajar.
 
Keputusan gubernur yang mengatur kebijakan kenaikan tarif batas atas dan batas bawah angkutan sewa khusus di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan sesuai dengan aturan serta terjangkau oleh masyarakat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan