Pengamat Bela Erick Thohir Dari Serangan Rocky Gerung: Sebut Pencalonan Ketum PSSI Tidak Masalah

  • Bagikan
Erick Thohir saat mendaftar jadi calon ketua umum PSSI.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola nasional, Sigit Nugroho menilai pencalonan Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 sebagai hal yang sah.

Hal ini dikarenakan tidak ada peraturan yang melarang seorang pejabat negara merangkap jabatan sebagai ketua organisasi olahraga. Hal itu dikatakan Sigit dalam rangka meluruskan pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang mempersoalkan rangkap jabatan pejabat publik menjadi Ketum PSSI.

Menurutnya, masuknya Erick Thohir dalam bursa pencalonan Ketua Umum PSSI justru membawa penyegaran di tengah keberadaan pengurus lama PSSI. Erick diharapkan membawa energi baru dalam memperbaiki sepak bola Indonesia.

“Tidak masalah, dalam Undang-undang (UU) Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Poin utama, ketua umum federasi olahraga harus memiliki kompetensi di bidang keolahragaan dan bisa dipilih oleh masyarakat,” kata Sigit Nugroho kepada wartawan, Selasa (17/1).

Diketahui, hingga kini banyak dari ketua umum organisasi olahraga yang berasal dari kalangan pejabat publik. Seperti, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Umum PB PASI (Atletik); Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum PB Wushu; Kapolri Listyo Sigit Prabowo Ketua Umum ISSI (sepeda sport), sampai Ketua MPR Bambang Soesatyo yang jadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Dari sisi ini, ET tidak melanggar, apalagi bicara soal kompetensi dia komplit. Pernah jadi Presiden Inter Milan (menggantikan Massimo Morrati), juga memiliki klub MLS, DC United. Kiprah dia di sepak bola sudah level internasional,” ungkapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan