FAPSI Gelar Seminar Nasional, Mengkaji soal Stadion Hingga Mitigasi Konflik Suporter Sepak Bola Indonesia

  • Bagikan
Koordinator nasional FAPSI Dr. Amsori Bahruddin Syah

FAJARJAKARTA - Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) menggelar seminar nasional bertajuk, “Revolusi Infrastruktur dan Mitigasi Konflik: Pembenahan Total Stadion, Kerusuhan Suporter dan Mafia Bola” yang dilaksanakan di Hotel Ascent Premiere Malang, Rabu (18/01/2023).

Koordinator nasional FAPSI Dr. Amsori Bahruddin Syah mengatakan, setelah kegiatan deklarasi di Jakarta kemarin, FAPSI menyelenggarakan rangkaian tur seminar di beberapa kota dalam menjaring partisipasi para akademisi dalam mengkaji persoalan dalam sepak bola Indonesia.

"Setelah Jakarta kemarin kita bahas soal urgensi revolusi sepak bola Indonesia, hari ini kami pilih Malang untuk kegiatan seminar nasional FAPSI untuk menyoroti persoalan insfrastruktur dan mitigasi konflik dalam sepak bola, sebab tragedi Kanjuruhan salah satu akar masalahnya terkait kelayakan stadion," kata Amsori kepada wartawan, Rabu (18/01/2023).

Menurut Amsori, FAPSI mendorong pembenahan total stadion di tanah air dalam menciptakan rasa aman dan nyaman sesuai standar FIFA. Selain itu, berbagai persoalan yang kerap hadir menghiasi wajah sepak bola Indonesia juga mendapat perhatian, seperti rivalitas antar suporter dan persoalan mafia sepak bola.

"Maka kami undang langsung ahlinya, ada dari PUPR yang juga doktor teknik sipil UI Pak Anggoro, dari teknik sipil Mercu Buana Jakarta Pak Madjumsyah Hariadi. Mereka pakarnya soal bagaimana membangun stadion yang aman dan nyaman sesuai standar FIFA," ujarnya

Selain itu, akademisi dari Universitas Nasional (UNAS) itu, selain soal stadion, FAPSI juga menyoroti persoalan lain yang menghiasi wajah sepak bola Indonesia. "Seperti konflik rivalitas suporter sepak bola, kita bahas apa akar masalahnya dan upaya apa yang bisa dibenahi dalam melakukan mitigasi konflik tersebut," ungkapnya

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan