Kades Minta Perpanjangan Jabatan 9 Tahun, Prabowo Subianto Respons Begini

  • Bagikan
Prabowo Subianto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Aspirasi para kepala desa (kades) agar masa jabatannya diperpanjang hingga 9 tahun, mulai mendapat dukungan dari dalam pemerintahan.

Salah satunya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendukung wacana perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) sampai 9 tahun.

Hal tersebut diungkapkan salah satu Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Prasetyo Hadi.

Dia mengatakan bahwa Prabowo yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) ini telah menginstruksikan kepada kader Gerindra yang ada di DPR untuk mendukung perpanjangan masa jabatan Kades.

“Pak Prabowo memberikan arahan kepada kami para Anggota Fraksi Gerindra di DPR RI untuk menerima dan mendukung penuh aspirasi ribuan Kepala Desa,” kata Prasetyo dalam keterangannya diterima Pojoksatu.id, Rabu (18/1/2023).

Prasetyo menyebutkan Prabowo dan Partai Gerindra sejak lama telah memperjuangkan kesejahteraan desa, mulai dari memperjuangkan dana desa melalui Undang-Undang desa.

“Sampai kami merealisasikan aspirasi-aspirasi dari desa kepada para pejuang politik Partai Gerindra di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ujar dia.

Sebelumnya, ratusan Kepala Desa (Kades) dari berbagai daerah di Indonesia menggelar aksi di depan Gedung DPR RI, pada Selasa, 17 Januari 2023.

Ratusan kepala desa itu menuntut DPR untuk memperpanjang masa jabatan Kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Karena itu, ratusan Kades meminta Ketua DPR Puan Maharani dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merevisi UU No 6 Tahun 2024 tentang Desa.

“Itu salah satu satu yang kami harapkan kepada pak Presiden RI dan Ketua DPR RI,” kata Kepala Desa Poja, Bima, Nusa Tenggara Barat, Robi Darwis.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan