Pegiat Media Sosial Ini Sentil Cak Nun: Saat Meminta Maaf Nggak Menyebut Nama Orang yang Dicerca?

  • Bagikan
Yusuf Dumdum

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pegiat media sosial, Yusuf Dumdum sentil budayawan Emha Ainun Najib (Cak Nun) yang meminta maaf atas ucapannya yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bak Firaun.

Yusuf Dumdum menilai, kendati Cak Nun sudah meminta maaf, tetapi yang bersangkutan tidak menyebutkan nama orang yang dicerca.

"Cak Nun, berterima kasihlah pd netizen +62 yg telah memviralkan video Anda soal Fir'aun, karena kalau gak viral blm tentu Anda mau minta maaf. Oh ya, kenapa saat mencerca org lain secara eksplisit menyebut namanya, tapi saat meminta maaf gak menyebut nama orang yg dicerca ? 🤔," cuit Yusuf Dumdum di linimasa Twitternya, dikutip FAJAR.CO.ID, Rabu (18/1/2023).

Sebelumnya, Cak Nun mengaku akibat pernyataannya itu, Cak Nun disidang sama keluarganya. "karena saya mengucapkan yang seharusnya tidak saya ucapkan. Kan saya yang mengajarkan Maiyah dan semua keluarga bahwa ucapan itu harus baik, efeknya harus diperhitungkan, harus bijaksana. Saya dianggap tidak bijaksana," tegasnya.

Suami Novia Kolopaking ini pun memohom ampun, memohon rahmat, serta pertolongan kepada Allah dan juga meminta maaf kepada pihak-pihak yang menderita karena pernyataannya. Dia mengaku banyak kekhilafan atas pernyataannya tersebut.

"Saya minta maaf kepada yang terciprat jadi tidak enak. Menderita karena ucapan saya," tandasnya.

Menurut Cak Nun, kini Maiyah tengah berada dalam era baru, yaitu aktivasi ruh. Di sisi ini, ditekankan mengenal keputusan hidup jangan diambil dari sisi materi. "Jadi supaya kita peka untuk mempelajari keputusan roh. Cara berpikir roh dan lain-lain. Saya sendiri yang kesambet," bebernya. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan