Riset Ungkap Ada Sesar Baru di Sulsel, Terpanjang dan Punya Potensi Gempa 7,4 SR

  • Bagikan
Grafis sesar di Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Para peneliti mengungkap fakta baru peta gempa. Ada temuan terbaru sesar gempa di Sulsel.

Selama ini, hanya dikenal sembilan sesar (patahan) yang terdata melintas di Sulsel. Namun, data terakhir ada sesar yang baru ditemukan di Selayar. Artinya, terdapat sepuluh sesar yang mesti diwaspadai.

Sesar yang diberi nama Asambi-Kalatoa ini memiliki panjang hingga 180 kilometer. Menjadi sesar terpanjang di Sulsel. Dari sisi potensi kekuatan gempa (magnitudo alias M), bisa mencapai 7,4 skala Richter (SR).

Sekadar diketahui, gempa, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala (Sulawesi Tengah) pada 2018, kekuatannya 7,4 SR. Jadi potensi kekuatan gempa di Selayar setara dengan peristiwa lima tahun lalu itu.

"Sesar baru ini yang paling besar dan jika bergerak akan terasa sekali di wilayah Barat Sulsel," urai Eddy Jaya Putra, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel pada diskusi kebencanaan Pusat Studi Kebencanaan Unhas di Gedung LPPM Unhas, Selasa, 17 Januari.

Sejauh ini, aktivitas gempa di Sulsel sangat banyak dan terus berlangsung. Namun hanya sedikit yang dirasakan. BPBD sudah mengusulkan ke Bapenas untuk mengkaji sesar-sesar di Sulsel yang kini berjumlah sepuluh.

Diharapkan, hasil penelitian itu bisa dimasukkan ke program nasional. Muaranya, ada kebijakan mitigasi bersama secara nasional. Mitigasi penting untuk mengurangi risiko ketika gempa benar-benar terjadi. Sejauh ini, belum ada alat yang bisa memprediksi kapan terjadi gempa.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan