Rizal Ramli Bilang Hanya Ada Dua Pemilu yang Amanah, Salah Satunya di Era BJ Habibie

  • Bagikan
Rizal Ramli

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tokoh pergerakan mahasiswa Indonesia era 1977/78, Rizal Ramli menyebut hanya ada dua pelaksanaan pemilu yang amanah di Indonesia.

Pertama pemilu tahun 1955, pemilu ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah Indonesia.

“Hanya ada dua pemilu yang amanah dan bersih di Indonesia. satu Pemilu tahun 55 pemimpinnya amanah, rakyatnya amanah, kagak ada teknologi bagus,” ucapnya dalam dalam Peringatan Malari yang bersamaan dengan HUT ke-23 Indemo (Indonesia Demokrasi Monitor) yang digelar di TIM pada Senin 16 Januari 2023, ditayangkan di salah satu kanal YouTube.

Pemilu 1955 diikuti 18 partai politik diantaranya Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Masyumi, NU, PKI, Partai Syarikat Islam Indonesia, Partai Kristen Indonesia, Partai Katolik, Partai Sosialis Indonesia, Partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia, Persatuan Ttarbiyah Islamiyah, Partai Rakyat Nasional, Partai Buruh, Gerakan Pembela Panca Sila, Partai Rakyat Indonesia, Persatuan Pegawai Polisi Republik Indonesia, Partai Musyawarah Rakyat Bank, Badan Permusyawaratan Kewarganegaraan Indonesia dan Persatuan Indonesia Raya.

Pemilu ini dimenangkan oleh PNI dengan perolehan suara sebanyak 8.434.637 dan meraih 57 jumlah kursi dalam pemerintahan.

Yang kedua, kata Rizal Ramli yakni pemilu era presiden BJ Habibie. Merupakan pemilu pertama era reformasi.

“Yang kedua pemilunya Pak Habibie tahun lanjut. Kenapa Pemilu Habibie sukses, anggota KPU Bawaslu wakil dari partai-partai sehingga mereka bisa saling intip saling awasi. Ketuanya orang yang bobotnya bagus yaitu Jend (Purn) Rudini sama Bawaslu,” tandas Ekonom Senior ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan