Survei LSJ, Pendukung Prabowo Subianto Tetap Setia di Pilpres 2024, hanya 20,5 Persen Lari ke Anies Baswedan

  • Bagikan
Prabowo Subianto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Para pendukung Prabowo Subianto pada pilpres 2019 dipastikan masih tetap loyak pada Ketua Umum Gerindra di pilpres 2024 mendatang.

Kendati ada sebagian yang beralih dukungan seperti kepada Anies Baswedan, namun angkanya tidak signifikan dan jauh dari kata mayoritas sebagaimana yang berkembang selama ini.

Hal itu tergambar dari hasil survei LSJ terbaru menyatakan persentase pemilih loyal Prabowo Subianto masih tinggi menjelang Pilpres 2024.

Direktur Riset Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto bahkan menyimpulkan pendukung Prabowo Subianto di Pemilu 2019 termasuk pemilih loyal karena mereka tetap mendukung ketua umum Gerindra itu di Pilpres 2024.

"Mayoritas pemilih Prabowo/Sandi ternyata tetap loyal mendukung Prabowo Subianto, jika Menteri Pertahanan RI ini maju pada Pilpres 2024," ucap Fetra Ardianto dalam rilis surveinya di Jakarta, Rabu (18/1).

Melalui survei terbarunya, LSJ berusaha mengukur ke mana arah dukungan atau seberapa besar telah terjadi migrasi suara dari pemilih pasangan Jokowi/Ma’ruf dan Prabowo/Sandi pada Pilpres 2019 menghadapi Pilpres 2024.

Di antara temuan menarik survei LSJ, jika Pilpres 2024 hanya diikuti tiga capres (Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan), mayoritas pemilih Prabowo/Sandi tetap loyal mendukung mantan Danjen Kopassus itu di Pemilu 2024.

"Dengan demikian isu yang menyatakan bahwa mayoritas pemilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 pindah ke Anies Baswedan terbantahkan oleh hasil survei LSJ kali ini," ucapnya.

Temuan LSJ tersebut dilakukan dengan melalui analisis cross-tabulation antara data hasil survei pilihan responden jika pilpres dilaksanakan saat ini dengan tiga capres dengan data hasil survei pasangan capres/cawapres yang dipilih responden pada Pemilu 2019.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan