Tol Probowangi Seksi 1 Bakal Groundbreaking Akhir Januar, Target Tuntas 2024

  • Bagikan
SEKSI TERAKHIR: Pembangunan tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) seksi 4 memasuki tahap akhir. Nanti ruas ini tersambung dengan tol Probolinggo–Banyuwangi (Probowangi) yang segera digarap. (PPK Tol Pospro untuk Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tahap konstruksi pembangunan jalan tol baru ruas Probolinggo–Banyuwangi (Probowangi) segera bergulir. Jika tak ada perubahan, akhir Januari mendatang bakal dilangsungkan groundbreaking pembangunan tol Probowangi seksi 1 yang meliputi ruas Suko hingga Banyuglugur.

Pembangunan tol Probowangi seksi 1 bakal berbarengan dengan penyelesaian konstruksi tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) seksi 4 atau seksi terakhir. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Jalan Tol Paspro Seksi 4 dan Probowangi Seksi 1 Priyadi mengatakan, tol Paspro dan Probowangi memang tersambung.

”Sehingga pembangunan kedua tol dilakukan bersamaan. Untuk jadwal groundbreaking Probowangi seksi 1 direncanakan akhir bulan,” ujarnya.

Sesuai rencana, imbuh Priyadi, tahap awal konstruksi tol Probowangi berakhir sampai seksi 1. Targetnya tuntas pada tahun 2024.

”Secara peta dan perencanaan, tol ini tetap sampai Banyuwangi. Namun, kami belum bisa memberikan informasi soal kelanjutannya,” terang dia.

Seperti diketahui, berdasar rencana terakhir, tol Probowangi tidak akan sampai ke Banyuwangi. Tapi berhenti di Besuki, Situbondo.

Ada sejumlah penyebab. Salah satunya, tol akan melintasi Taman Nasional Baluran yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi. Sehingga konstruksinya harus menggunakan skema elevated (melayang) yang butuh biaya lebih besar dari rencana semula.

Sambil memulai tahap konstruksi, proses pembebasan lahan untuk tol Probowangi tetap dilanjutkan. Sejauh ini progress report-nya sudah mencapai 75 persen. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan