8 Tahun Tak Pernah Disesuaikan, Ini Daftar Tarif Terbaru RS yang Berlaku Pekan Depan

  • Bagikan
Ilustrasi grafis biaya layanan kesehatan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Biaya layanan kesehatan berubah. Per 24 Januari 2023, tarif baru akan berlaku.

Dasarnya adalah Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 3/2023 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Ada sejumlah perubahan dalam peraturan terbaru.

Tarif ini akan berlaku di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Baik Puskesmas, klinik atau RS D Pratama, dokter praktik perorangan, maupun dokter gigi praktik perorangan.

Yuli Farianti, Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan sudah tepat menyesuaikan tarif di FKTP dan FKRTL. Telah delapan tahun tarif berlaku, belum pernah direvisi.

"Kemudian dalam penyelesaian tarif ini akan ditinjau paling cepat dua tahun sekali," ujar Yuli pada sosialisasi daring permenkes baru untuk kawasan timur Indonesia (KTI), Rabu, 18 Januari.

Selanjutnya, evaluasi sekali setiap setahun, lalu pada tahun kedua baru ada penyesuaian lgi. "Dalam masa transisi ini, kita akan lihat dengan penyesuaian tarif yang sekarang, yang akan dilihat apa saja keterkaitan termasuk nanti yang akan dinilai," katanya.

Perubahan tarif jaminan kesehatan nasional (JKN) untuk mengakomodasi kesesuaian biaya layanan kesehatan. Sekaligus memperbaiki anomali dalam struktur tarif yang lama, dan menjaga kemampuan agar tetap positif sampai 2024.

Tarif baru juga mendorong penguatan layanan dan kompetensi di FKTP dan FKTRL. Juga dimaksudkan mendukung perkembangan kebijakan peningkatan kualitas layanan dan upaya promotif preventif melalui kebutuhan dasar kesehatan (KDK).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan