Hamka B Kady: Mungkin Februari Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Pertama di Sulsel

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady. (Foto: Pram/fajar)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady memperkirakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan kereta api pertama di Pulau Sulawesi pada Februari 2023 mendatang.

Walaupun rutenya hanya sampai Kabupaten Maros, setidaknya masyarakat Sulsel akhirnya bisa menikmati kereta api.

"Mungkin Februari diresmikan oleh Pak Jokowi. Yang jelas bahwa di Sulawesi Selatan masyarakat sudah menikmati kereta api walaupun hanya sampai Maros saja. Tetapi itu sudah merupakan peletakan dasar atau legacy pertama yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan," tutur Hamka ditemui fajar.co.id di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya kereta api ini menjadi cikal bakal kereta trans Sulawesi. Master plan sudah dibuat, tinggal dilaksanakan oleh penerus Jokowi nantinya.

"Cuma memang memerlukan investasi besar hingga triliunan. Yang jelas sudah ada kereta meski dari Barru sampai Maros tapi itu sudah jadi cikal bakalnya selanjutnya," ungkap Politisi senior Golkar tersebut.

"Sisa nanti penerus pak Jokowi mau atau tidak melanjutkan ini," tukas Hamka.

Sasaran utama dari keberadaan transportasi publik ini untuk menghubungkan wilayah atau perkotaan, sebagai penunjang aktifitas ekonomi masyarakat, terutama untuk pendistribusian barang dan komoditas pertanian, pariwisata, maupun sosial budaya.

Apalagi, Kereta Api Makassar - Parepare ini menjadi yang pertama digunakan untuk kombinasi penumpang dan barang.

Total panjang relnya yang mencapai 144 km dan diproyeksi secara bersamaan bisa dihubungkan dengan beberapa pabrik semen yang ada di Sulsel.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan