Lantik Pengurus PWI Gowa, Agus Salim Alwi Hamu Ingatkan Fungsi Pers Sebagai Kontrol Sosial

  • Bagikan
Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu melantik Ketua PWI Gowa, Arman Sewang dan pengurusnya di di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (19/1/2023). (Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,GOWA — Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi selatan (Sulsel) Agus Salim Alwi Hamu hari ini melantik pengurus PWI Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan fungsi pers sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Sebagai media informasi, pendidikan, hibuan dan teurtama kontrol sosial.

Kontrol sosial kata dia penting, agar pers bersama Pemerintah Kabupaten bisa bersama-sama membawa Gowa menjadi lebih baik.

“Kontrol sosial ini penting juga. Dengan kebersamaan bersama stake holder untuk membangun pemerintahan yang baik,” ungkapnya, Kamis (19/1/2023) di di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa.

Direktur Utama Harian Fajar ini mengatakan, ke depannya PWI Gowa akan memproritaskan program pendidikan. Program ini kata dia penting untunk edukasi jurnalis di Gowa.

Pasalnya, belakangan ini banyak media yang gulung tukar, penyebabnya karena tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada. Utamanya soal digitalisasi yang makin menggeliat.

“Makanya ke depan Gowa ini harus punya program 10. Satu sampai sembilan pendidikan, pendidikan dan pendidikan,” terangnya.

Ia menuturkan, media massa yang ada di Indonesia menurut Dewan Pers sebelum pandemi sekitar 90.000 dengan angka didominasi oleh media massa 47.000, sedangkan untuk online itu 43.000. Data setelah pandemi turun 16000, jadi saat ini disa 74.000. Didominasi oleh online hampir 50.000.

“Kenapa berkurang karena di saat digitalisasi berkembang, sehingga media yang tidak punya inovasi dan ise kreatif terpaksa gulung tikar,” pungkasnya.
(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan