Penipuan Berkedok APK Kurir Jasa Pengiriman Paket, Satu Tersangka Ada di Sulsel

  • Bagikan
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pun berhasil mengungkap komplotan penipuan berkedok aplikasi kurir jasa pengiriman paket

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Satu dari 13 tersangka penipuan berkedok modifikasi APK kurir jasa pengiriman paket dan link phising berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pun berhasil mengungkap komplotan penipuan berkedok modifikasi Android Package Kit (APK) kurir jasa pengiriman paket dan link phising.

Korban penipuan tersebut lebih dari 493 orang dengan total kerugian korban mencapai Rp 11,9 Miliar.

Berdasarkan akun resmi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, dijelaskan, penindakan terhadap pelakunya itu berdasarkan laporan adanya dugaan tindak pidana memproduksi sarana untuk ilegal akses, penipuan, pencurian, money laundering dengan modus MOD APK kurir palsu.

"Penindakan dilakukan pada beberapa wilayah, meliputi Sulsel, Sumsel, Riau, Lampung & Jatim," cuit @CCICPolri di linimasa Twitter, dikutip FAJAR.CO.ID, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, mengungkapkan, dalam kasus ini ada 13 tersangka, 1 di antara tersangka itu ada di Sulawesi Selatan. "Di mana kasus ini korbannya ada 493 orang dengan kerugian ditaksir mencapai berkisar Rp 12 miliar,” ujarnya. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan