PM Mark Rutte Siap Kirim Rudal Patriot ke Ukraina, Joe Biden: Kami Sangat Mendukung

  • Bagikan
Perdana Menteri Mark Rutte mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa Belanda akan menawarkan rudal Patriot ke Ukraina untuk melawan Rusia. (Doug Mills/The New York Times)

FAJAR.CO.ID, NEW YORK -- Belanda siap bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam membantu Ukraina. Perdana Menteri Mark Rutte mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa Belanda akan menawarkan rudal Patriot ke Ukraina untuk melawan Rusia.

Mark Rutte bergabung dengan AS dan Jerman dalam mengirimkan sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina. Hal itu diungkapkan Rutte kepada Biden di Gedung Putih.

“Kami sangat mendukung (atas dukungannya untuk Ukraina),” kata Biden berterima kasih kepada Rutte.

Mark Rutte mengatakan bahwa negaranya bergabung dengan upaya AS dan Jerman untuk melatih dan mempersenjatai Ukraina dengan sistem pertahanan Patriot yang canggih.

Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan bahwa pengumuman Rutte datang setelah Ukraina meminta Belanda untuk menyediakan rudal Patriot.

“Kami memiliki niat untuk bergabung dengan apa yang Anda lakukan dengan Jerman dalam proyek Patriot,” kata Rutte kepada Biden.

“Saya pikir penting bagi kita untuk bergabung,” tambah Rutte.

Rutte juga mengklaim sudah berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz tentang kemungkinan bantuan yang sama. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa Belanda telah setuju untuk mengirim rudal Patriot ke Ukraina.

“Jadi, sekarang ada jaminan bantuan. Tapi ini baru permulaan. Kami sedang mengerjakan solusi baru untuk memperkuat pertahanan udara kami,” kata Zelensky. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan