Aksi Mengemis di Media Sosial Marak, Eri Cahyadi Perintahkan Ini kepada Anak Buahnya

  • Bagikan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan telah menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Sosial Nomor 2 Tahun 2023.

SE yang diterbitkan 16 Januari 2023 tersebut, tentang penertiban kegiatan eksploitasi dan/atau kegiatan mengemis yang memanfaatkan lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menginstruksikan para camat dan lurah untuk menindaklanjuti SE tersebut. Eksploitasi merupakan sebuah tindakan yang tidak dibenarkan.

”Karena itu (ngemis di medsos) memang tidak pas, dieksploitasi begitu. Maksudnya, dia menunjukkan kemiskinan untuk meminta uang,” kata Eri.

Dia juga mengungkapkan, sebelumnya, Pemkot Surabaya pernah menertibkan orang tua yang disuruh anaknya ngemis. Namun, bentuk eksploitasi yang dilakukan anak kepada orang tuanya itu bukan melalui media sosial.

”Kalau ada seperti itu (ngemis di medsos) langsung kami samperin, datangi,” tegas Eri.

Menurut dia, selama ini praktik meminta-minta yang ditemukan di jalan protokol atau traffic light di Surabaya bukan karena disuruh atau dieksploitasi. Namun, praktik meminta-minta itu memang sengaja dilakukan karena keinginan pribadi anak atau orang tua.

”Jadi kalau itu kan pribadi masing-masing, nanti kita juga akan lakukan apa yang bisa kita latih, atau menyadarkan anaknya. Itu yang kita lakukan,” jelas Eri yang juga mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu.

Eri mengungkapkan, Pemkot Surabaya juga membutuhkan peran serta dan informasi dari masyarakat. Dia berharap, apabila warga menemukan hal seperti itu, agar segera melapor ke Command Center (CC) 112 atau melalui aplikasi WargaKu.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan JAWAPOS.COM. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari JAWAPOS.COM.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan