Gara-gara Pidato Megawati, Golkar Disebut Merapat ke Kubu Anies, Rocky Gerung: Akarnya Beringin Semua

  • Bagikan
Ilustrasi pasangan Airlangga-Anies.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Pengamat Politik sekaligus akademisi Rocky Gerung menyoroti perkembangan terkini koalisi partai istana khususnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menuju Pilpres 2024.

Menurut Rocky, KIB yang merupakan salah satu poros koalisi istana pada dasarnya sudah berantakan semenjak pidato Megawati Soekarnoputri di acara HUT PDIP ke-50. Menurut Rocky, Pidato Megawati menyudutkan Jokowi yang disinyalir ngotot ingin Ganjar Pranowo maju sebagai capres dari PDIP.

“KIB Sebenarnya sudah berantakan setelah Ibu Mega katakan No pada Ganjar, mereka ini sudah bubar sebenarnya,” jelas Rocky melalui kanal Youtube Rocky Gerung Official yang juga bersama Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), dikutip Kamis (19/1/23).

Sinyal kurang harmonis di kalangan partai istana menurut Rocky bisa jadi momen Golkar yang merupakan partai terbesar di antara PPP dan PAN dalam koalisi, untuk minggat dari KIB.

Jika situasi tersebut benar terjadi, menurut Rocky, Golkar sangat cocok bergabung ke kubu pengusung Anies Baswedan bersama NasDem-PKS-Demokrat.

“Kita tahu secara ideologis Golkar, Demokrat, NasDem kan sama akarnya ‘beringin’ semua. Jadi tinggal bikin koalisi ‘Mantan Beringin Plus PKS’, jadi selesai itu. Paling tidak di publik terlihat sudah secara mental Golkar punya kepercayaan diri bersama NasDem-Demokrat dan PKS yang partai islam” ungkapnya.

Menurut Rocky, kombinasi antara NasDem-Demokrat-Golkar yang punya nilai teknokratis sangat tepat berpadu dengan PKS yang berlandaskan nilai etik keadilan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan