Siap-siap! Pendaftaran Seleksi Komisioner KPU di Sulsel akan Dibuka Maret

  • Bagikan
ilustrasi komisioner KPU(jawa pos)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bagi yang berminat untuk mengisi jabatan komisioner KPU di tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota se-Sulsel, bisa segera menyiapkan diri.

Pasalnya memasuki bulan Mei sebagian jabatan komosioner KPU akan berakhir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membuat proses rekrutmen tim seleksi (timsel) calon anggota KPU provinsi, kabupaten, dan kota. Proses rekrutmen itu akan dilakukan tertutup.

Pembentukan Tim Panitia Seleksi (Tim Pansel) untuk jabatan Komisioner KPU Sulsel dan 24 daerah akan dilaksanakan pada Februari 2023.

Itu sejalan dengan akhir masa jabatan anggota KPU Sulsel saat ini yang berakhir, 24 Mei mendatang.

Kasubag Teknis KPU Sulsel, Ismail Masse mengatakan, pembentukan Timsel tersebut dilakukan tiga bulan sebelum masa jabatan Komisioner berakhir sesuai regulasi yang ada.

"Paling lambat Februari terbentuk Timsel. Kemungkinan besar Maret mulai dibuka pendaftaran. Karena masa bekerja Timsel tiga bulan untuk Provinsi. Kalau Timsel kabupaten kota KPU itu dua bulan," kata Ismail, Kamis (19/1/2023).

Menurut Ismail, pembentukan Tim Pansel Komisioner KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota merupakan gawean dari KPU RI untuk menentukan timsel nantinya.

Sehingga dalam proses perekrutan Komisioner nantinya, kata dia, Sekretariat KPU Sulsel hanya memfasilitasi seluruh keperluan Timsel. Serta menyiapkan pendampingan hukum jika terjadi sengketa proses.

"Yang membentuk Timsel KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota adalah KPU RI, kami hanya membantu memfasilitasi tugas - tugas Timsel selama melakukan perekrutan," tukasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan