5 Rekomendasi Film Tentang Jurnalis, Cocok Bagi yang Bergelut atau Tertarik Jurnalistik

  • Bagikan
Salah satu adegan dari film Spotlight

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Soal cita-cita, tentu saja setiap orang hanya mau menjadi apa yang mereka tahu.

Anak usia Sekolah Dasar saat ini, ketika ditanya ‘ingin jadi apa?’ Tidak sedikit yang akan menjawab jadi YouTuber, konten kreator, artis, selebriti dan sebagainya.

Tidak mengherankan, di jaman mereka memang pekerjaan itulah yang tersorot. Pemahaman mereka soal perkerjaan itu jadi mumpuni.

Jurnalis. Apa itu? Tidak banyak yang tahu tentang profesi ini secara kompherensif.

Fajar.co.id merekomendasikan beberapa judul film, untuk menambah wawasan soal jurnalis, soal jurnalistik, atau tentang jurnalisme.

  1. The Post
    Film ini diangkat dari kisah nyata, menceritakan perseturuan jurnalis dan pemerintah. Para wartawan The Washington Post ingin mengungkap sebuah rahasia, yang menjadi bukti kebohongan pemerintah Amerika Serikat terhadap rakyatnya.
  2. The Journalist
    Seorang jurnalis muda, Erika Yoshioka dan Takuki Sugiyama menginvestigasi sebuah skandal. Sebuah proyek pemerintah untuk pendirian universitas baru. Investigasi mereka dibayang-bayangi risiko, termasuk karir mereka.
  3. Spotlight
    Seorang jurnalis dikisahkan mengungkap kasus pedofilia, namun investigasinya dirintangi kemapanan Gereja. Hal tersebut tidak terlepas untuk menjaga nama baik gereja.
  4. Private War
    Kalau kamu suka film action tapi juga ada unsur jurnalis, film ini sepertinya sangat cocok. Diangkat dari kisah nyata. Mengisahkan seorang jurnalis perang, Marie Colvin yang menulis sisi humanis dari persepfktif korban perang.
  5. The Insider
    Film ini juga dari kisah nyata, mengungkap kecurangan dan konspirasi perusahaan tembakau di Amerika Serikat. Atas keteguhan seorang jurnalis mengungkap kebenaran, perusahaan tersebut didenda 246 miliar dolar AS atas kebohongan mereka yang menyatakan bahwa nikotin bukan zat adiktif.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan