Bahlil Salahkan Pekerja Lokal Terkait Kerusuhan di Morowali, Gigin Beri Komentar Menohok

  • Bagikan
Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto,

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, mendadak mengomentari pernyataan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia soal kerusuhan di PT GNI Morowali Utara.

Dikatakan Gigin, China dalam hal memilih kaki dan tangan memang sangat hebat.

Hal itu dikatakan Gigin lantaran kuatnya para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di Indonesia.

Meskipun statusnya asing, namun mampu membuat tahta kekuasaan pada posisi tertentu.

"Mereka gak hanya sukses menduduki posisi-posisi strategis tapi juga siap pasang badan dan bahkan menyerang bangsanya sendiri," ujar Gigin dikutip dari unggahan twitternya, @giginpraginanto (21/1/2023).

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menanggapi kerusuhan di Pabrik pengolahan pemurnian atau Smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Bahlil menyayangkan peristiwa tersebut lantaran akan menimbulkan preseden buruk terhadap iklim investasi di Tanah Air.

Hal tersebut dikatakan Bahlil dalam konferensi pers, Hilirisasi Kunci Investasi dan Tantangan Investasi, Selasa (17/1/2023) kemarin.

“Dalam pandangan saya, bahwa hal ini patut kita sayangkan, kita jangan menyalahkan si A si B tapi ini adalah sebuah evaluasi kita bersama baik itu adalah masyarakatnya dalam hal ini karyawan, maupun kita juga aparat keamanan, maupun dari investornya juga manajemen, patut kita sayangkan karena ini akan melahirkan persepsi yang kurang elok,” ujarnya.(Muhsin/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan