Modal Dongkrak Popularitas, Ini 5 Calon Gubernur Sulsel Dengan Followers Terbanyak

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman dan Adnan Purichta dinilai pasangan ideal di Pilgub Sulsel 2024

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Sejumlah kepala daerah di Sulsel memiliki followers atau pengikut tinggi media sosial, khusunya di Instagram. Modal followers ini menjadi modal yang kuat. Tak bisa dipungkiri, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling kekinian. Khususnya untuk kalangan anak muda atau milenial.

Dikaitkan dengan Pemilu 2024, jumlah pemilih anak muda berdasarkan rentan usia itu sangat besar. Di Sulsel, jumlahnya bahkan melebihi 50 persen dari total pemilih 6.321.334, berdasarkan data KPU Sulsel Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan 30 September 2022. (Lihat Grafis).

Kepala daerah di Sulsel yang memiliki followers terbanyak saat ini, berdasarkan pantauan FAJAR, yaitu di urutan pertama Bupati Gowa ; Adnan Purichta Ichsan sebanyak 193 ribu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (101 ribu), Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (102 ribu), Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (77, 6 ribu), dan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (39,3 ribu).

Pengamat komunikasi politik Unhas, Hasrullah menilai bahwa jumlah followers itu berkolerasi dengan lima hal yaitu karakter, leadership, jejaring, kiprah, dan keterkenalan. "Jadi ini menunjukkan bahwa figur ini diminati oleh kaum milenial," kata Hasrullah.

Hal ini juga dinilai sebagai ukuran awal untuk dijadikan suatu untuk mencapai elektabilitas yang tinggi. Juha pembuka pintu untuk melihat popularitas, terutama yang melihat gerak-gerik sosial.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang memiliki pengikut 193 ribu di Instagram, itu menunjukkan bahwa ia memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Dimana pun Adnan berada, ia selalu dilihat gerak geriknya dan menjadi incaran media. "Ia selalu tersorot. Itu menunjukkan bahwa Adnan sangat diminati kaum milenial dan bisa berbahaya ketika ia maju di pemilihan gubernur," ujarnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan