Bahlil Salahkan Pekerja Lokal pada Kerusuhan PT GNI, Nicho Silalahi: Justru Pemerintah Tidak Becus Urus Regulasi

  • Bagikan
Keurusuhan yang terjadi di PT GNI.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat Media Sosial Nicho Silalahi, turut angkat suara soal kerusuhan yang terjadi di PT GNI Morowali Utara beberapa waktu lalu.

Nico menyoroti pernyataan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia, yang menyalakan pekerja lokal pada insiden yang juga melibatkan pekerja asing asal China itu.

"Menteri mulutnya macam pepek ya kek gini, biar kau tau yang salah itu pemerintah karena ga becus mengurus regulasi," ujar Nico dikutip dari unggahan twitternya, @Migran_TV_7777 (22/1/2023).

Bukan hanya tidak becus dalam mengurus regulasi, menurut Nico. Namun juga, melakukan pembiaran terhadap importir buruh kasar dari China.

"Jika tenaga ahli kalian Import dengan tujuan alih teknologi masih mending, lah ini kuli pula," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menanggapi kerusuhan di Pabrik pengolahan pemurnian atau Smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Bahlil menyayangkan peristiwa tersebut lantaran akan menimbulkan preseden buruk terhadap iklim investasi di Tanah Air.

Hal tersebut dikatakan Bahlil dalam konferensi pers, Hilirisasi Kunci Investasi dan Tantangan Investasi, Selasa (17/1/2023) kemarin.

“Dalam pandangan saya, bahwa hal ini patut kita sayangkan, kita jangan menyalahkan si A si B tapi ini adalah sebuah evaluasi kita bersama baik itu adalah masyarakatnya dalam hal ini karyawan, maupun kita juga aparat keamanan, maupun dari investornya juga manajemen, patut kita sayangkan karena ini akan melahirkan persepsi yang kurang elok,” ujarnya. (Muhsin/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan