Survei LSI, Elektabilitas PDIP Masih Teratas, Disusul Gerindra dan Demokrat

  • Bagikan
Ilustrasi PDIP. Foto: dok.JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berada di posisi teratas dibanding partai lainnya.

Kondisi itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia.

Dari hasil survei yang dilakukan LSI pada 7-11 Januari 2023, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memperoleh dukungan 21,9 persen.

"PDIP pada survei kali ini kami temukan (menempati posisi teratas) didukung oleh 21,9 persen (responden) kalau pemilu legislatif diadakan sekarang," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Djayadi menyampaikan itu saat memaparkan hasil survei bertajuk "Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini", sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia, LSI_Lembaga, di Jakarta, Minggu (22/1).

Dia menambahkan posisi berikutnya ialah Partai Gerindra dengan elektabilitas 12,1 persen, Partai Demokrat 7,1 persen, Partai Golkar 6,7 persen.

Kemudian, Partai NasDem dengan elektabilitas 5 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 persen, Perindo 4,8 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 4,7 persen.

"Sementara itu, ada sebanyak 26,7 persen responden yang belum menentukan pilihan," kata Djayadi.

LSI berpendapat tingginya posisi PDIP itu dipengaruhi salah satunya oleh tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dalam temuan LSI pada survei kali ini, lanjut Djayadi, tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 76,2 persen.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan