Tuding Kemendes yang Gerakkan Kades Demo di Senayan, Said Didu: Agenda Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Terus Berjalan

  • Bagikan
Said Didu

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Mantan Sekretaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu menyebut aksi ribuan kepala desa (kades) di Senayan pada Selasa (17/1) kemarin didalangi Kementerian Desa (Kemendes).

Pria kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan ini bilang, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi merupakn kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara itu, PKB dari awal memang telah mengusulkan penundaan Pemilihan Umum (Pemilu).

“Yang gerakkan Kades adalah Kemendes (kader PKB). PKB dari awal usulkan penundaan pemilu,” ungkapnya, melalui cuitan di Twitter, Minggu (22/1/2023).

Didu bilang, wacana perpanjangan masa jabatan presiden yang mulai surut belakangan ini, ternyata masih berlanjut, salah satu tandanya dengan aksi para kades di Senayan.

“Agenda perpanjangan masa jabatan Presiden terus berjalan,” ujarnya.

Soal penegasan Ketua Umum PDIP Megawati yang membahas perpanjangan masa jabatan presiden, dinilainya sebenarnya tidak melarang rencana itu.

“Pidato Megawati di HUT (Hari Ulang Tahun) PDIP tidak melarang perpanjangan masa jabatan,” ucapnya.

“‘jubir’ perpanjangan masa janayan Kades adalah kader PDIP,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, kader PDIP Budiman Sudjatmiko salah satu sosok yang menemui para Kades saat aksi di Senayan.

Ia juga mengungkapkan, Presiden Joko Widodo secara lisan telah menyetujui usulan perpanjangan masa jabatan presiden dari semulanya 6 tahun menjadi 9 tahun.

Ketua Panitia Khusu Rancang Undang-Undang Desa itu menyebut, presiden menganggap usulan tersebut masuk akal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan