Besuk Azwar Anas di RSPAD, Prabowo Langsung Hormat dan Beri Semangat

  • Bagikan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membesuk Letjen (Purn.) Azwar Anas yang dirawat di RSPAD, Jakarta, Minggu (22/1/2023).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membesuk Letjen (Purn.) Azwar Anas yang dirawat di RSPAD, Jakarta, Minggu (22/1/2023).

Begitu sampai di ruang perawatan Azwar Anas, Prabowo yang memakai baju bersaku empat itu, tampak berdiri dalam sikap sempurna dan memberi hormat dan semangat pada Azwar yang sedang terbaring.

Seperti diketahui Azwar Anas sudah beberapa bulan ini sakit.

Gubernur kharismatik itu sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Azwar Anas dirawat di rumah sakit lantaran mengalami gangguan pernapasan.

Dalam karir pemerintahan, Azwar Anas begitu dikenal oleh rakyat, sehingga pada tahun 1977, ia terpilih dalam pemilihan Gubernur Sumatra Barat menggantikan Harun Zain.

Ia tercatat sebagai perwira militer pertama dan satu-satunya yang memegang jabatan Gubernur Sumatra Barat.

Ia menjabat gubernur selama dua periode hingga 1987. Pada 1986, ia pensiun dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dengan pangkat terakhir mayor jenderal TNI.

Seusai menjabat gubernur, pada 1988 Presiden Soeharto mengangkatnya menjadi Menteri Perhubungan dalam Kabinet Pembangunan V.

Pada 1991, ia dipercaya menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga 1999.

Masa itu PSSI berhasil mengadakan kompetisi Ligina, gabungan perserikatan, dan Galatama.

Pada 1993, Azwar diangkat menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Pembangunan VI.

Tak lama kemudian ia bersama Soesilo Soedarman menerima kenaikan pangkat bersejarah menjadi letnan jenderal TNI purnawirawan. (Pram/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan