Andi Iwan Aras Minta Pemerintah Bangun Bandara Perintis di Pangkep

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras (foto: Pram/fajar)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan membangun sarana transportasi memadai di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Ia menilai hal tersebut perlu dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menumbuhkan sektor perekonomian di wilayah kepulauan khususnya di wilayah 3TP ( tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan).

Andi Iwan Aras mengusulkan dibangun bandar udara perintis. Selain untuk melayani masyarakat dalam konteks pelayanan kesehatan, juga dapat difungsikan masyarakat di wilayah kepualauan menyalurkan hasil laut yang mereka dapatkan untuk mereka ekspor ke luar negeri.

"Dengan adanya bandara udara kan tentu mempermudah logistik, pelayanan kesehatan, mempermudah mobilitas warga. Bahkan bisa digunakan untuk mengekspor hasil laut mereka, misalnya ke Vietnam," kata Andi Iwan kepada fajar.co.id ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Politisi Gerindra ini menyebut penduduk di wilayah kepulauan berjumlah 40.000 jiwa. Jika saja dibangun bandara untuk perintis saja, maka sarana transportasi tersebut akan melayani jumlah penduduk tersebut.

"Betul-betul bukan sesuatu yang mustahil. Apa bedanya kita membuat bandara di Papua yang satu distrik yang sebagian besar anggarannya dari pusat dengan membuat bandara di pulau pulau. Malah jumlah orang kita di pulau jauh lebih banyak daripada jumlah di distrik itu. Kalau bicara persoalan pemerataan pembangunan kami juga butuh. Kalau anda bilang daerah terpencil, kami juga terpencil," tuturnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan