Anies Sudah Safari Politik ke Daerah, Tapi Masih di Bawah Ganjar, Refly Harun Beri Saran Begini

  • Bagikan
Refly Harun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ahli hukum tata negara, Refly Harun, menyoroti elektabilitas bakal calon presiden dari Partai NasDem yaitu Anies Baswedan yang tampak tak naik secara signifikan.

Padahal, Anies telah melakukan kegiatan safari ke sejumlah daerah dengan jumlah massa yang juga tidak sedikit.

Bahkan, sambutan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat melakukan kegiatan safari cukup meriah dan ramai.

“Kalau kita pikir-pikir kok aneh ya? Anies mulai kampanye dibandingkan yang lainnya lalu sambutan luar biasa besarnya tapi kok nggak berpengaruh pada elektabilitas ya?” ujar Refly, dikutip dari kanal YouTube pribadi pada Selasa (24/1/2023).

Refly menjelaskan salah satu hal yang berpotensi menjadi penyebabnya yaitu karena responden dalam survei dipastikan adalah mayoritas orang Jawa.

Sementara itu, metode yang digunakan adalah multi stage random sampling sehingga sosok yang diuntungkan dari sistem ini adalah orang dengan suara banyak di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Salah satunya adalah karena responden pasti mayoritasnya Jawa. Karena mereka kan multi stage random sampling pasti proporsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur-nya lebih gede. Dan itu pasti menguntungkan kandidat yang kuat di Jawa. Dan ini adalah Ganjar Pranowo pastinya,” jelas Refly.

Tren elektabilitas Anies ini bisa menjadi materi bagi Anies untuk fokus menggarap Jawa seandainya ingin memiliki tren positif dalam survei.

“Karena itu barangkali Anies harus garap Jawa kalau mau trennya positif,” ujar ahli hukum sekaligus pengamat politik ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan