Jokowi Sebut Biaya Haji Masih Proses Kajian, Rizal Ramli: Pemerintah ‘Test Ombak’ Dulu, kalau Ada Reaksi Mundur

  • Bagikan
Rizal Ramli dan Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi dan Politik Rizal Ramli menanggapi wacana kenaikan biaya haji yang diusulkan Kementerian Agama.

Menurut dia, pemerintah "test ombak" terlebih dahulu. Jika ada reaksi, maka apa yang diwacanakan itu tidak dilanjutkan. Sebaliknya, jika tak ada reaksi, itu akan dilanjutkan.

Dia mencontohkan, PPN mau dinaikkan 15 persen, begitu ada protes turun ke 11 persen. Demikian juga soal kompor listrik, begitu banyak protes, wacana itu pun tak jadi.

"Pemerintah “Test Ombak” dulu, kalau ada reaksi mundur, kalau ndak ada lanjutkan 😄👎 Awalnya PPN mau dinaikkan 15%, begitu ada protes turun ke 11%. Mau paksakan kompor listrik, begitu banyak protes mundur. Memerintah kok main2, dasar ndak becus 😄 Sono mundur ✊," cuit Rizal Ramli di linimasa Twitternya, dikutip FAJAR.CO.ID, Selasa (24/1/2023).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa biaya haji tahun 2023 masih dalam proses kajian. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara merespons wacana kenaikan biaya haji yang diusulkan Kementerian Agama.

“Biaya haji masih dalam proses kajian,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/01/2023).

“Itu belum final, belum final sudah ramai. Masih dalam proses kajian, masih dalam proses kalkulasi,” beber Jokowi. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan