Pengesahan RUU PPRT, Fraksi Gerindra DPR RI Dukung Sikap Jokowi

  • Bagikan
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mempercepat pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT), mendapat dukungan dari wakil rakyat di DPR RI.

Dukungan tersebut salah satunya datang dari Ketua Fraksi Gerindra DPR RI Ahmad Muzani. Dia menyebut, RUU PPRT merupakan bentuk keseriusan pemerintah dan DPR dalam memberikan perlindungan hukum di sektor pekerja rumah tangga.

Karena aturan yang ada selama ini belum bisa memberikan proteksi yang kuat bagi para pekerja rumah tangga. “Pada konteks kehidupan modern saat ini, keberadaan dan peran pekerja rumah tangga sangat diperlukan. Namun pada faktanya memang belum ada proteksi hukum perundang-undangan yang memberikan perlindungan kepada para pekerja rumah tangga itu sendiri,” kata Muzani kepada wartawan, Selasa (24/1).

“Itu sebabnya Fraksi Gerindra mendorong agar RUU PPRT ini segara dibahas dan ditetapkan sebagai undang-undang,” sambungnya.

Wakil Ketua MPR RI ini menyampaikan, peraturan perundangan yang mengatur tentang perlindungan hukum bagi pekerja rumah tangga selama ini hanya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker). Sehingga tidak ada payung hukum yang kuat, dalam memberikan perlindungan serta pengakuan bagi pekerja rumah tangga itu sendiri.

“Bahwa Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan belum mengatur tentang pekerja rumah tangga, termasuk hak-haknya. Itu sebabnya pengesahan RUU ini menjadi penting karena sebagai bentuk pengakuan dan keberpihakan negara kepada para pekerja rumah tangga domestik yang jumlahnya mencapai 4,2 juta orang,” ucap Muzani.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan