Politisi Demokrat, Mantan Kader Golkar dan PDIP Ini Tak Setor Perbaikan Berkas Balon DPD Sulsel, Terancam Gugur?

  • Bagikan
Gedung MPR, DPR, dan DPD (Dok. Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Dari 29 bakal calon DPD RI Sulsel yang belum memenuhi syarat (BMS), tiga lainnya tak menyetor berkas dukungan perbaikan.

Padahal tahapan perbaikan dukungan calon DPD RI berakhir tanggal 22 Januari. 

"Jumlah Balon BMS tahap awal yang tidak menyerahkan perbaikan 3 orang," kata kasubag Teknis KPU Sulsel, Muh Asri, Senin (23/1/2023). 

Adapun tiga bakal calon yang tak menyetor dukungan perbaikan diantaranya Mantan Kader PDIP Novianus Patanduk; Mantan Kader Golkar Andi Irsan Galigo; dan Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Aliyah Mustika Ilham.

Asri mengakui bahwa hingga malam tak ada alasan jelas dari tiga balon tersebut soal tidak melakukan perbaikan.

"Merek balon maupun LO tak sampaikan alasan atau kejelasan. Jadi tak ada konfirmasi," tuturnya.

Diketahui, waktu yang diberikan cukup panjang yakni sejak tanggal 16 - 22 Januari untuk 34 balon dari 29 yang BMS (belum memenuhi syarat) vermin.

Lebih lanjut Muh Asri menjelaskan, jumlah bakal calon yang BMS tahap awal 29 orang. Kini yang Memenuhi Syarat atau MS tahap awal 5 orang. Sedangkan jumlah balon BMS yang menyerahkan perbaikan yankni 26 orang.

"Kalau jumlah bakal calon MS yang menyerahkan perbaikan 4 orang. Sedangkan balon MS yang tidak menyerahkan perbaikan hingga waktu tutup 1 orang," jelasnya.

Terpisah, Anggota KPU Sulsel, Asram Jaya mengatakan sesuai tahapan masih ada waktu perbaikan hingga tanggal 1 Februari 2023.

"Masih ada waktu perbaikan. Verifikasi Adimistrasi perbaikan ke satu

23 Januari sampai tanggal 1 Februari 2023," tururnya 

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan