Sidang Pledoi pembunuhan Brigadir J, Ricky Rizal: Saya Hanya Mengamankan Senjata Api Milik Yosua

  • Bagikan
Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal bersiap mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan dua terdakwa Kuat Maruf alias KM dan Ricky Rizal alias RR sebagai saksi. FOTO:MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofransyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ricki Rizal Wibowo menyampaikan sejumlah nota pembelaan atau pledoi yang menurutnya tidak sesuai fakta.

Dia membantah pengamanan senjat aapi milik Brigadir J merupakan bagian dari rencana pembunuhan.

“"Dengan tegas saya sampaikan bahwa saya tidak pernah tahu ada rencana pembunuhan apalagi dianggap sebagai bagian dalam rencana tersebut," kata Ricky sambil menangis di Pengadilan Negeri Jaksarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Ricky menjelaskan, sebagai senior dia melakukan tindakan mengamankan senjata api adalah bentuk antisipasi apabila terjadi keributan yang sebelumnya terjadi antara Brigadir J dan Kuat Maruf.

"Upaya pengamanan terhadap pisau yang dipakai juga sudah saya lakukan malam itu, dan tindakan pengamanan senjata api sudah saya sampaikan langsung terhadap almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat," ujar Ricky.

"Saya tidak pernah tahu bahwa ada ancaman yang dilakukan oleh Alm. Nofriansyah Yosua Hutabarat kepada Ibu Putri," tambah Ricky.

Ricky juga mengungkapkan, dia memiliki hubungan yang sangat baik secara pribadi maupun kedinasan. Keterangan saksi dipersidangan tidak ada perinta terkait pengamanan senjata api milik Brigadir J. (Pram/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan