Tahukah Anda Apa Kunci Utama dari Olahraga Agar Manfaatnya Bisa Terasa?

  • Bagikan

Nah, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghindari cedera. Ini adalah step penting, karena kita ingin mendapatkan manfaat dari olahraga, bukannya menyakiti tubuh sendiri.

Tahukah Anda jika cedera ini merupakan pembunuh terbesar yang bisa menghilangkan semangat?

Anda tidak akan merasa senang dan nyaman jika baru melangkah tubuh sudah mengalami reaksi nyeri, kaku, ngilu dan sebagainya.

Jangan sembarangan juga, untuk mencegah cedera ini, Anda harus tahu jika tidak semua olahraga itu cocok bagi semua orang.

dr. Asa memberikan contoh seperti ini: Misal seorang yang usianya 43 tahun dengan berat badan 93 kg dengan tinggi badan 165 cm. Kemungkinan Anda suka jogging atau bermain badminton bareng teman-teman.

Tapi, tunggu kata dr. Asa resiko cedera pada kedua olahraga tersebut. Kenapa? Berdasarkan data ini Anda masuk kategori obesitas. Jadi, disarankan untuk Anda menghindari olahraga dengan dampak tinggi karena banyaknya gerakan mendadak pada olahraga badminton.

Salah langkah saja bisa menyebabkan resiko ligamen bisa putus atau mengalami cedera besar. Begitu pun dengan jogging karena beban untuk lutut terlalu besar sehingga akan mengalami nyeri kronis.

Untuk semua olahraga juga jangan lupa untuk melakukan streching atau warming up. Untuk ini beda olahraga, beda juga teknik pemanasannya. Jadi, bisa cari di Youtube saja jelasnya.

Jangan di skip untuk warming up ini. Cukup 15 menit akan membantu mengurangi resiko cedera parah. (Elva/Fajar).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan