Vaksin Covid-19 Dosis ke-4 Sudah Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

  • Bagikan
Ilustrasi Vaksinasi Booster

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Vaksinasi Covid-19 booster kedua sudah bisa diberikan kepada masyarakat umum mulai hari ini (24/1). Sejauh ini, antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster tidak seperti saat vaksinasi primer.

Sudah satu tahun sejak diluncurkan pertama kali pada 12 Januari 2022, vaksinasi Covid-19 booster pertama masih saja tertinggal jauh. Hingga kemarin (23/1) baru 62.215.619 orang yang divaksin booster pertama.

Sementara vaksinasi primer yang kedua juga belum memenuhi target. Masih dari sumber yang sama, tercatat baru 175.010.804 orang yang mendapatkan vaksin kedua ini. Padahal target sasaran vaksinasi Covid-19 ada 234.666.020 orang.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nada Tarmizi mengungkapkan ada beberapa hambatan dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. Pada vaksinasi booster, ada masyarakat yang berpandangan tidak perlu.

”Merasa ancaman Covid-19 tidak seperti saat varian delta,” ujarnya.

Selain itu juga masih banyak hoax yang berkembang dan ditelan mentah-mentah oleh masyarakat.

Vaksinasi booster pertama baru diikuti 33,60 persen populasi lansia di Indonesia. Sementara masyarakat berusia 18 hingga 59 tahun baru 34,13 persen yang mengikuti vaksinasi ketiga ini.

Stagnannya pertambahan orang yang divaksin ini bisa jadi dipengaruhi oleh kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah. Misalnya saja pada awal pemberian vaksin Covid-19 pemerintah memberikan atensi pada pelaku perjalanan.
Vaksinasi menjadi syarat dan pengguna kendaraan umum betul-betul diawasi, salah satunya dengan aplikasi PeduliLindungi yang mencantumkan jenis vaksinasi yang sudah diikuti.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan