Vaksin Covid-19 Dosis ke-4 Sudah Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

  • Bagikan
Ilustrasi Vaksinasi Booster

Bukan hanya itu, guna mempermudah akses vaksinasi ini, Dinkes DKI juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 untuk sore dan malam hari pada Senin-Jumat, mulai pukul 16.00-20.00 WIB. Kegiatan tersebut dilakukan di 44 Puskesmas Kecamatan di DKI.

Pihaknya juga akan menyelenggarakan gebyar vaksinasi booster kedua. Gebyar ini diselenggarakan di Balaikota DKI Jakarta, kantor Kabupaten Kepulauan Seribu (gedung mitra praja tanjung priok dan kantor walikota lima wilayah.

Tak hanya booster, pada acara yang digelar 23-26 Januari 2023 ini juga melayani vaksinasi untuk anak usia 12 tahun ke atas. Tersedia vaksin Pfizer dan Zifivax yang bakal digunakan.

Sebelum vaksin, Ngabila meminta, masyarakat mencermati sejumlah hal. Pertama, harus dalam kondisi sehat dan tekanan darah di bawah 180/110 mmHg. Kedua, perhatikan jeda vaksin. Untuk dosis ke 2 dan 3, jarak vaksinasi minimal 3 bulan. Sementara, dosis 3 dan 4, jarak minimal 6 bulan.

Kemudian, bagi yang baru sembuh dari Covid-19 maka vaksinasi Covid-19 baru dapat dilakukan 1 bulan setelahnya. Pemberian jarak ini juga juga berlaku untuk vaksinasi jenis lainnya, termasuk meningitis dan imunisasi anak lainnya.

”Jarak dengan vaksin merk apapun termasuk meningitis dan imunisasi anak lainnya minimal 14 hari,” ungkapnya.

Ngabila mengimbau, masyarakat untuk segera mengakses lokasi vaksinasi tanpa menunggu tiket vaksin muncul di PeduliLindungi. Pasalnya, tak ada jaminan bila ada kelangkaan hingga akhirnya tak bisa vaksin. ”Segera vaksin selagi ada dan gratis,” ungkapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan