Danny Protes Proyek IPAL Rusak Jalan, Pemkot Komplain ke Pusat

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (Foto:Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Proyek IPAL (instalasi pengolahan air limbah) menuai protes. Galian demi galian untuk memasang pipa IPAL, membuat jalan-jalan besar di Makassar mengalami kerusakan.

Nyaris seluruh pengguna jalan yang melewati bekas galian pipa IPAL, mengeluhkan kondisi ini. Selain memacetkan lalulintas, tak ada jalan yang mulus usai pembongkaran.
Belum lagi, proyek tersebut terkadang mengancam keselamatan pengendara. Akibat ruas jalan yang bergelombang di beberapa titik.

"Sampai kapan ini selesai proyek IPAL? Lihat mi itu jalanan banyak jadi rusak. Sudah dibongkar tidak langsung dikasih mulus kembali. Biasa kita harus baku senggol sama pengendara lain, gara-gara tidak dilihat itu jalan rusak," kesal Ayu, warga Tamalate.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto pun ikut gerah. Ia mengajukan komplain terkait proyek IPAL yang merusak pipa PDAM. Sejumlah pipa PDAM dilaporkan mengalami kebocoran akibat terkena dampak pengerjaan IPAL.

Pria yang akrab disapa Danny ini menyebut, proyek IPAL dikerjakan secara semrawut. Jalanan kota yang tadinya mulus, mengalami kerusakan akibat penambalan abal-abal yang dilakukan pihak pengerja proyek.

Lubang menganga, keretakan panjang, dan gelombang jalan mewarnai perjalanan pemasangan pipa IPAL. Selain itu, pengerjaan dilakukan saat aktivitas masyarakat padat di siang hari. Menurut Danny, seharusnya pengerjaan dilakukan pada malam hari, saat mobilitas warga menurun.

"Saya akan sampaikan komplain terbuka. Sudah saya sampaikan (masalah proyek IPAL ke pusat). Saya kira tidak ada perubahan. Saya secara formal akan menyurat ke Pak Menteri (PUPR)," tegas ayah tiga anak ini, Selasa, 24 Januari.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan