Kaesang Pangarep Ingin Terjung ke Politik, Mardani Ali Sera Merespons Begini

  • Bagikan
Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep untuk terjun ke politik tidak sepenuhnya mendapatkan respons positif.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai, perlu mengatur pencalonan pejabat publik, terutama dari kalangan keluarga presiden.

Anggota DPR dari Fraksi PKS itu menegaskan, dirinya tidak mempermasalahkan hak seseorang untuk maju sebagai calon wakil rakyat. Terlebih, Kaesang mewakili anak muda yang masuk ke dalam dunia perpolitikan. “Walau bagaimana pun mesti diterapkan asas keadilan,” tegas Mardani.

Dia mengatakan, seharunya dibuat aturan, keluarga inti presiden dilarang dicalonkan untuk jabatan publik yang menggunakan mekanisme pemilihan publik agar sistem berjalan dan adil bagi semua orang.

Petinggi PKS itu menginginkan adanya peraturan terkait keluarga inti presiden yang hendak mencalonkan diri pada pemilihan umum (Pemilu). “Seorang anak presiden punya privilege yang tidak dimiliki pemuda lain,” ungkap Mardani.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

”Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik,” kata Gibran seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, Gibran belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024. ”Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu,” tambah Gibran.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan