Menakar Peluang Danny Pomanto Maju Pilgub Sulsel Lewat Jalur Independen

  • Bagikan
Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Danny Pomanto merupakan salah satu tokoh yang digadang-gadang maju Pilgub 2024.

Selaku kader dari Partai NasDem, hingga saat ini juga belum ada sikap yang jelas dari partai besutan Surya Paloh tersebut.

Di sisi lain, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse (RMS) juga masuk bursa Pilgub.

Sehingga, muncul kemungkinan orang nomor satu Makassar itu menggalang dukungan independen di Pilgub atau lewat non partai jika NasDem tak mengusungnya.

Apalagi, baliho dukungan dari relawan Danny sudah tersebar di kabupaten/kota di Sulsel.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengatakan, peluang Danny maju Pilgub melalui partai maupun non partai selalu ada.

“DP bisa maju di pilgub melalui jalur independen dengan galangan dukungan warga. Tapi peluang diusung partai tetap terbuka selama survei baik,” ucapnya, kepada Fajar.co.id, Rabu, (25/1/2023).

Namun, dia menyarankan agar Danny tetap fokus dalam memperlihatkan kinerjanya kepada masyarakat agar elektabilitasnya terdongkrak.

Selebihnya kata dia, Danny perlu terus menjalin komunikasi dengan partai lain sebagai modal ketika tak didorong oleh NasDem.

“DP fokus kerja sehingga terjaring survei. Hal itu bisa jadi pertimbangan partai. Selebihnya tetap bangun komunikasi politik lintas partai,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Firdaus, RMS akan realistis melihat hasil survei yang ada apakah Danny kompetitif atau tidak.

“RMS pasti realistis dengan survei. Apakah tetap di senayan atau ikut pilgub,” tandasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan