Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Minat Masuk Politik, Rocky: Dinasti Akhirnya Tumbuh

  • Bagikan
Kaesang adu panco dengan ayahnya, Jokowi (Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat politik Rocky Gerung mengomentari perihal putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang disebut minat masuk ke politik.

Presiden Jokowi mengaku kaget ketika belum lama ini Kaesang menyatakan minatnya ingin terjun ke dunia politik.

Menanggapi hal itu, Rocky menyinggung soal kekuasaan Raja Prancis. Singkat cerita, seorang warga Prancis berhasil menenteng kepala Louis XVI.

Dari sana lah warga Prancis akhirnya mengetahui bahwa kekuasaan atau mahkota Raja Louis bukan dari tuhan karena bahkan kepala Louis bisa lepas dari badannya.

“Dinasti diakhiri dengan semacam kesepakatan bahwa mahkota raja itu adalah mahkota rakyat,” ujar Rocky, dikutip NewsWorthy dari kanal YouTube pribadi pada Rabu (25/1/2023).

Peristiwa tersebut juga menunjukkan bahwa suara rakyat adalah suara tuhan dan apa yang menjadi kehendak rakyat itu adalah kehendak tuhan.

Tak dipungkiri, dinasti juga tumbuh dalam sistem demokrasi namun dalam tidak hanya dalam bentuk keluarga sedarah.

“Dinasti juga akhirnya tumbuh dalam sistem Demokrasi. Tentu bukan lagi karena darahnya sama atau karena sama-sama dapat wahyu dari langit. Tapi karena profesionalisme, karena aktivitas untuk memantau politik ketika ayahnya misalnya atau ibunya sedang berkuasa,” jelas Rocky.

Namun menurut ahli filsafat ini, yang terpenting adalah kompetisi yang fair antara orang yang merupakan bagian dinasti dan yang bukan.

“Kita di Indonesia udah mulai dibiasakan untuk melihat bahwa mungkin sistem dinasti itu juga akan tumbuh di kita. Tetapi yang penting adalah dinasti atau bukan dinasti, kompetisinya fair apa nggak dengan orang yang bukan dinasti,” ujar Rocky.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan