Andi Iwan Aras Dorong Konektivitas Kereta Api, Bandara, dan Terminal di Sulsel

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras (foto: Pram/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mendorong adanya konektivitas antara terminal darat, bandara dan stasiun kereta api di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar.

Ia menyarakan Kementerian PUPR untuk memindahkan terminal Daya, Makassar yang merupakan terminal tipe A agar bisa terintegrasi dengan kereta api dan moda transportasi udara.

"Kalau ini dibangun minimal dari kota menuju ke terminal untuk menaiki kereta langsung atau dari terminal ke bandara. Jadi adanya kereta api bisa ada azas manfaatnya dan memudahkan masyarakat. Karena semua terintegrasi," tutur Andi Iwan kepada fajar.co.id di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Andi Iwan juga mengapresiasi keseriusan dan komitmen Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyelesaikan proyek kereta Api Sulsel.

Ia berharap kendala-kendala sosial seperti pembebasan lahan dapat segera diselesaikan.

"Tentunya kami juga meminta peran aktif pemerintah provinsi maupun kabuten dan kota untuk bersama-sama dalam mengatasi hal tersebut," katanya.

Proyek Kereta Api Sulsel itu diproyeksikan menjadi Kereta Api Trans Sulawesi. Bukan hanya dari Kota Makassar ke Parepare tetapi juga lintas provinsi.

Andi Iwan mengatakan, proyek Kereta Api Sulsel ini diharapkan menumbuhkan perekonomian warga ke depan.

Kereta Api Sulsel ini diproyeksikan jadi transportasi logistik. Ia mencontohkan beberapa daerah adalah penghasil semen dan pendistribusian batu bara.

Dengan kehadiran kereta api maka barang dapat dengan mudah diangkut dan menambah nilai jual.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan