Pelebaran Jalan Nasional Gowa-Jeneponto Dikebut, Hamka B Kady: Selesai 2024

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady (foto: Pram/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady terus mendorong proyek pelebaran jalan nasional sepanjang 80 kilometer dari Gowa, Takalar, hingga Jeneponto dikebut.

Menurutnya, proyek pelebaran jalan nasional bagian selatan Sulsel sudah dikerjakan dan ditarget rampung pada 2024.

"Pelebaran jalan ini kejutan di daerah pemilihan saya. Saya tekankan, saya mau melihat jalanan itu mulus sebelum pencoblosan selesai,” katanya di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Hamka memastikan akan mengawal proyek itu hingga selesai.

Alasannya, secara volume transportasi dari Makassar ke Bulukumba atau sebaliknya cukup padat.

"Hanya di Bantaeng saja jalan bagus, tidak berombak. Dari situ kita pikirkan bagaimana jalan poros Sungguminasa sampai Jeneponto disambungkan dengan jalanan yang baik di Bantaeng,” katanya.

“Makanya hanya sampai di ibu kota Jeneponto. Tadinya itu anggarannya ke tempat lain. Saya bilang tidak bisa, tidak boleh. Saya tidak mau tahu. Tahun 2024, proyek itu harus selesai,” sambung Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI.

Terpisah, Kepala Satuan Kerja PJN II Malik menyatakan proyek pelebaran jalan nasional dari Gowa, Takalar, hingga Jeneponto dikebut.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel kata Malik memastikan proyek pelebaran jalan nasional tersebut terus dikerjakan di 2023.

“Sementara dalam proses pengerjaan, ini terbagi beberapa segmen, dari satu sampai empat. Kalau yang ditargetkan 2022 lalu itu sudah selesai, sekarang lanjut untuk pengerjaan di 2023,” kata Malik.

Dilansir dari laman LPSE PU Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp227,327,240.000 atau sekira Rp 227 miliar. Sumber dana berasal dari APBN 2022.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan